Inspirasi

Haruskah THR Dikeluarkan Zakatnya & Bagaimana Perhitungannya ?

Untuk Anda yang sudah bekerja lama di perusahaan, instansi ataupun lembaga tentunya Anda pasti akan mendapatkan bonus tunjangan hari raya yang besarannya tergantung berapa lama pengabdian Anda kepada perusahaan tersebut, umumnya sebesar satu bulan gaji Anda atau bahkan bisa berkali – kali lipat.

Bagi Anda yang menyadari bahwa dalam harta Anda saat ini terdapat hak orang lain yang emang harus dikeluarkan zakatnya.

Lalu timbulah pertanyaan, Haruskah THR tersebut dizakatkan sebagaimana zakat penghasilan yang didapatkan setiap bulannya ? Apabila iya, bagaimana ketentuan dalam mengeluarkan zakat dari bonus atau THR yang telah diterima.

“Mengenai hal ini, bonus atau THR yang kita dapatkan, bisa kita gabungkan  dengan gaji  pokok yang kemudian kita keluarkan zakatnya. Karena pada intinya bonus atau THR termasuk dalam kategori income atau penghasilan. Tentu saja jika penjumlahan tersebut telah mencapai nishab dalam hitungan rata-rata,” .

Apabila sudah mencapai nishabnya, maka kita wajib mengeluarkan zakat 2,5% pada saat menerima. Untuk hitungan nishab adalah senilai harga 653 kg beras, sekitar Rp 6.530.000 (hitungan beras Rp 10.000/kg). Jika gaji, bonus dan jumlah bonus yang didapatkan lebih dari nishab atau sama maka dia berhak mengeluarkan zakat 2,5% nya.

Lalu, bagaimana dengan THR? Sama halnya dengan bonus, maka THR pun juga bisa kita hitung zakatnya sesuai ketentuan nishab yang berlaku. Zakat dikeluarkan sebelum dibelanjakan sehingga harta yang digunakan untuk keperluan sehari-hari sudah bersih.

Contoh: “Seorang karyawan gaji bulanannya Rp 6.000.000, pada bulan tersebut dia menerima bonus Rp 2.000.000 serta THR senilai sama dengan gaji tiap bulannya”. Penghitungannya, adalah sebagai berikut;

Gaji bulanan : Rp 6.000.000

Bonus              : Rp 2.000.000

THR                  : Rp 6.000.000

Total : Rp 14.000.000 x 2,5% = Rp 350.000

Karena dihitung penghasilan bulan itu melebihi nishab, maka dia mengeluarkan zakat pada bulan tersebut senilai Rp 350.000. Mari, segera bersihkan harta kita agar suci dan barokah serta membantu orang lain yang membutuhkan.

 

Sumber bacaan : https://izi.or.id/haruskah-thr-dikeluarkan-zakatnya

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top